Dies Natalis Fapet Unsoed ke-57, Orasi Ilmiah Doktor Tri Rachmanto Prihambodo


Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Dies Natalis Fakultas Peternakan Unsoed ke-57. Tak terasa tahun 2023 Fakultas Peternakan Unsoed (Fapet) memasuki tahun yang ke-57. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Fapet Unsoed, serangkaian kegiatan tahun ini telah disiapkan di antaranya pada hari Jum'at 10 Februari 2023 di gelar kegiatan orasi ilmiah Dosen Fakultas Peternakan Unsoed Dr.Tri Rachmanto Prihambodo,S.Pt.,M.Si. dan Tasyakuran", ujar Humas Dies Natalis ke-57 Fakultas Peternakan Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Dekan Fakultas Peternakan Unsoed Prof.Dr.Triana Setyawardani,S.Pt.,M.P.  mengatakan bahwa tema Dies ke-57 adalah "Tangguh, Tumbuh, dan Maju.


Pada orasi ilmiah Dr.Tri (sapaan akrab Dr.Tri Rachmanto Prihambodo, S.Pt.,M.Si.) tersebut, pembicara menjelaskan tentang alternatif growth promoter asal tanaman pada broiler menggunakan pendekatan meta data yakni metode bibliometrik dan tinjauan sistematik. Menurutnya, pencarian alternatif antibiotik masih terus dalam proses pencarian karena bahan yang ada belum bisa digantikan dan potensi Indonesia sebagai negara megabiodiversitas memiliki beraneka ragam tanaman yang sangat potensial sebagai alternatifnya.

“Pendekatan bibliometrik dan tinjauan sistematik digunakan untuk menyimpulkan data yang sudah tersebar di internet sehingga langkah kedepannya bisa lebih dipilih dengan matang. Sayang saja apabila data yang sudah beredar di internet tidak termanfaatkan dengan baik” jelas Dr. Tri.

Selanjutnya Dr. Tri mengatakan bahwa baik metode bibliometrik maupun tinjauan sistematik pada dasarnya bersumber pada artikel yang sudah terbit. Kedua metode tersebut mencoba untuk merangkum apa saja perlakuan yang sudah diuji cobakan, melihat potensi dan mengevaluasi efek pada masing-masing perlakuan. Sebanyak 500 jurnal, telah terbit pada kategori antibiotik asal tanaman untuk broiler pada parameter performa dan kondisi saluran pencernaan pada penerbit Scopus. Hasilnya Flavonoid sebagai salah satu produk metabolit sekunder asal tanaman menjadi salah satu senyawa yang paling sering digunakan oleh para peneliti, sedangkan bagian daun tanaman menjadi bagian yang biasa digunakan asal tanaman sebagai alternatif antibiotik.

“Flavonoid secara tinjauan sistematik baik pada broiler dan layer sudah pernah Dr.Tri lakukan dan hasilnya signifikan pada performa dan saluran pencernaan. Sedangkan bagian daun tanaman belum pernah diuji secara statistik, hal ini menjadi potensi penelitian Dr.Tri kedepannya”, jelasnya.

Dr.Tri menamvahkan bahwa daun asal tanaman secara umum memiliki potensi sebagai agen antioksidan, antimikroba, penyembuhan luka, dan agen pengatur kekebalan seperti efek sinergis dengan menghambat berbagai bakteri patogen yang telah diukur dalam pengujian kimia dan biologis.

​Sebagai penutup, keanekaragaman tanaman di Indonesia sebagai sumber kekayaan hayati sangat potensial untuk dikembangkan. Perlu pendalaman khusus mengenai proses pemanenan, pengumpulan, ekstraksi hingga menjadi bahan siap pakai untuk broiler yang harapannya bisa menggantikan bahkan lebih baik dibandingkan antibiotik sebelumnya, jelas Dr.Tri.


Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          :  Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar