13 Keutamaan Bulan Ramadhan, Kajian Kafapet D.I.J ke 68


Bekasi, Kafapet-Unsoed.com. Keluarga Alumni Fakultas Peternakan Unsoed Wilayah Jabodetabeksuci (Kafapet D.I.J), mengadakan kajian ke 68 di kediaman Hajar Hernawan (Angkatan 83) Perumahan Persada Kemala Blok 28 No.17 Kec Jakasampurna Bekasi Barat. 

Hajar Hernawan (Tuan Rumah Kajian)

Hajar dalam sambutannya sangat bahagia karena Kajian kali ini dihadiri oleh para senior angkatan 81 dan yang hadir cukup banyak sekitar 40 alumni. Gayung bersambut, Ketua Kafapet D.I.J, Yudhie Akhmadi mengucapkan terimakasih kepada tuan rumah dan para alumni lainnya yg hadir dalam kajian yang datang dari luar Bekasi.

Ustad Saepudin, S.Ag

Kajian dibawakan oleh Ustad Saepudin, S. Ag dan dipandu oleh Ketua Seksi Kerohanian Nadam Subekti, dan diawali dengan pembacaan kitab suci Al-Qur,'an oleh Hanif (putra dari Nadam Subekti).

Para sahabat Rasulullah paling gembira jika akan menghadapi bulan Ramadhan, karena ada beberapa keutamaan di bulan Ramadhan, Yaitu ;

1. Ramadhan akan meninggikan level surga

2. Ramadhan akan memberat timbangan amalan kebaikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Setiap ibadah yang hukumnya sunnah di bulan ramadhan akan diberi balasan pahala seperti melakukan ibadah wajib. Ibadah wajib yang dilakukan akan dibalas dengan berkali-kali lipat.

Suasana kajian akhwat

3. Ditutupnya pintu pintu neraka, akan dijauhkan dari adab Neraka

4. Memberikan safaat kpd yg puasa dan membaca Al Qur'an 

Ramadhan disebut juga sebagai syahrul Quran atau bulannya Al-Quran karena di bulan mulia ini Allah pertama kali menurunkan Al-Quran, sebagaimana yang Allah firmankan dalam ayat berikut:

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).”

(QS. Al-Baqarah: 185)

5. Setan-setan akan dibelenggu. Allah Ta'ala membelenggu setan di bulan suci ini dengan makna agar memudahkan manusia dalam berbagai ketaatan di bulan Ramadhan sepeti puasa dan shalat malam

6. Bulan berbagi kebaikan, bulan Ramadhan

Salah satu pintu untuk mengerjakan amal kebaikan di bulan ramadhan adalah dengan bersedekah. Setiap kita berbagi pada hakikatnya harta kita tidak akan berkurang, justru akan bertambah. Berbagi juga merupakan suatu bentuk investasi akhirat.

7. Sholat berjammaah diganti seperti sholat sepanjang malam

8. Ada malam lailatul Qodr. Puncak keutamaan pada bulan Ramadhan terletak pada malam laitul qadr. Di malam lailatul qadar inilah pertama kali Al Quran diturunkan kepada nabi Muhammad shallahu alaihi wa sallam sebagai rahmat dan petunjuk bagi semesta alam.

Lailatul qadar teradi di sepuluh malam terakhir bulan ramadhan, tepatnya di malam ganjil. Kapan terjadinya malam lailatul qadar terdapat pada hadist berikut:

“Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.”(H.R Bukhari)

Suasana kajian ikhwan

9. Umroh di bulan Ramadhan pahalanya seperti haji bersama Rasullah SAW

10. Puasa di bulan Ramadhan akan menghapus dosa dosa kecil. Bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk segera bertaubat kepada Allah. Allah membuka pintu taubat bagi hamba-hambanya untuk bertobat dan menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu sebagaimana dalam hadits berikut:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”(HR. Bukhari dan Muslim)

11. Do'a akan dikabulkan, yaitu waktu mustajabnya doa. Berdoa merupakan suatu bentuk bentuk ikhtiar untuk mendapatkan hal yang diinginkan.

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa pasti dikabulkan.”(H.R Al-Bazar)

12. Dibuka pintu surga, ahli puasa akan diberikan kebebasan untuk masuk surga dari pintu surga mana saja. membuka pintu surga di bulan Ramadhan. Seperti dalam hadits berikut:

“Ketika masuk bulan Ramadhan, maka syaitan-syaitan akan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup.”(H.R Bukhari dan Muslim)

13. Akan dapat gelar Mutaqin yaitu orang yang bertakwa. Tujuan dari mengerjakan amal-amalan kebaikan di bulan Ramadhan adalah menjadi orang yang bertakwa.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.”

(QS. Al Baqarah: 183).

Di akhir kajian, Ustad Saepudin mengajak kita semua dalam menghadapi Ramadhan untuk meluruskan

Niat karena Allah Ta'ala, yaitu Niat untuk melakukan

1. Puasa

2. Khatam Al Qur'an 

3. Sahur

4. Sholat wajib dan Sunnah

5. Banyak Berdoa

6. Banyak Berdzikir

7. Banyak sedekah

Di akhir kajian diberikan waktu untuk tanya jawab ;

Nadam Subekti

1. Yayuk

Kondisi shalat taraweh, Bolehkah jika Istri ikut sholat taraweh berjamaah di Masjid sementara suami belum pulang dari kantor ? 

Ustad : Intinya harus dapat ijin dari suaminya, jika mengijinkan dan kondisi di tempatnya aman, diperbolehkan.

2. Saepullah

Bagaimana sunahnya buka puasa? Apakah gosok gigi diperbolehkan saat puasa ? 

Ustad : disunahkan buka dengan kurma, Jika tdk ada kurma? Maka berbukalah dengan yang manis-manis.

Gosok gigi (siwak) disunahkan dan dibolehkan utk membersihkan mulut dan tidak membatalkan puasa.

Ketua Kafapet DIJ Yudhi Akhmadi

3. Puji Hartono

Lebih baik mana kalau Sholat sunah tarawih tidak berjama'ah atau berjamaah? 

Ustad : Sholat Tarawih berjamaah lebih bagus karena banyak manfaatnya, salah satunya untuk menjalin silaturahmi.

Selepas kajian, tuan rumah menjamu makan siang dan aneka macam sajian, serta dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan diskusi. Rencana kajian berikutnya bulan sawal di daerah Bogor.




Penulis    : Roni Fadilah

Foto         : Roni Fadilah

Editor      : Fajar Hidayat

Posting Komentar

0 Komentar