Merintis Kerjasama Pengembangan Kemiri Sunan dengan Jepang


Kafapet-unsoed.com. Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Tanaman Industri dan Penyegar (TRI) menerima kunjungan dari Mr.Katsumi Urabe, Vice President NF Lab.Co Japan pada hari Selasa, 10 April 2023. Kunjungan ini dilakukan untuk penjajakan kerjasama pengembangan kemiri sunan untuk biodiesel dan bioavtur antara BSIP TRI dan NF Lab.co Japan, ujar alumni Fakultas Pertanian Unsoed angkatan 1991 Dr.Tedy Dirhamsyah,SP.,MAB. kepada Humas Pengurus Pusat KAUnsoed (Keluarga Alumni Unsoed) Ir.Alief Einstein,M.Hum. 

Menurut Dr.Tedy yang juga Sekretaris Dewan Pakar PISPI (Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia) bahwa kunjungan Mr.Katsumi Urabe ke BSIP diawali dengan pertemuan dengan pimpinan BSIP TRI, Dr.Tedy yang didampingi oleh Plt. Kasubbag TU, Indah Sulistiyorini,SP, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Kepala BSIP TRI menyampaikan potensi kemiri sunan sebagai bahan baku biodiesel dan bioavtur serta teknologi pengembangan kemiri sunan yang sudah dicapai oleh BSIP TRI


Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian/BSIP Tanaman Industri dan Penyegar Kementerian Pertanian, RI Dr.Tedy menyambut baik kerjasama yang diusulkan dan menyatakan bahwa BSIP siap untuk berkolaborasi dengan NF Lab.co Japan dalam pengembangan kemiri sunan ini.

Dr.Tedy Dirhamsyah,SP.,MAB. (Alumni Unsoed dan Kepala BSIP TRI Kementan) dan Mr.Katsumi Urabe (Vice President NF Lab.co Japan)

Selanjutnya, Mr.Katsumi Urabe juga diajak untuk mengunjungi kebun induk kemiri sunan di TSP (Taman Sains Pertanian) BSIP TRI dan laboratorium lapang Bioenergi di TSP BSIP TRI dimana beliau bisa melihat secara langsung pertanaman kemiri sunan dan juga hasil pengolahan minyak kemiri sunan dan bioreaktornya, ungkap Dr.Tedy.

Dr.Tedy menambahkan bahwa rintisan kerjasama pengembangan kemiri sunan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri energi terbarukan di Indonesia. Kemiri sunan merupakan salah satu bahan baku yang potensial untuk diproduksi sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar