Go Internasional: Unsoed Tugaskan 24 Mahasiswa KKN di Malaysia

Keberangkatan Tim KKN Unsoed di Bandara Soekarno Hatta

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) telah meluncurkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional dengan menugaskan 24 mahasiswa terpilih untuk menjalankan pengabdian masyarakat di Malaysia, ujar Ketua Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unsoed Dr.Agus Haryanto saat pemaparan yang didampingi Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com pada hari Minggu 23 Juli 2023.

Menurut Wakil Ketua Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia Dr.Agus Haryanto bahwa Program KKN Internasional yang berlangsung dari Juli 2023 hingga Agustus 2023 ini bertujuan untuk memperluas cakrawala mahasiswa, memberikan kontribusi bagi kemanusiaan, mempererat hubungan antar bangsa dan sekaligus memperkokoh wawasan kebangsaan.

Acara pelepasan resmi berlangsung pada Selasa, (18/7) secara daring dan dipimpin oleh Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq,MSc.,Agr.,IPU. didampingi oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unsoed, Prof.Dr.Ir.Elly Tugiyanti,MP.,IPU., kata Dr.Agus Haryanto.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unsoed menyampaikan bahwa para mahasiswa akan menghadapi masa depan yang ditandai oleh perubahan yang cepat dan kompleks. Sebagai generasi penerus, mereka dituntut untuk mampu membaca tanda-tanda zaman dan berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan kemasyarakatan, bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk kepentingan masyarakat yang terdampak oleh perubahan akibat perkembangan global.

"Melalui KKN Internasional ini, tunjukkan sumbangsih kemanusiaan Unsoed dalam skala global, sejalan dengan prinsip-prinsip Merdeka, Maju, dan Mendunia!" pesan Rektor.

Mahasiswa KKN Internasional di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

Prof.Elly Tugiyanti, Ketua LPPM, menambahkan, "Para mahasiswa KKN merupakan duta Unsoed yang telah terpilih berdasarkan motivasi dan kompetensi. Selama di luar negeri, adik-adik mahasiswa harus mampu mengabdi dengan sungguh-sungguh dan membawa nama baik almamater."

Tema KKN Internasional di Malaysia adalah "From Archipelago to Peninsula: Bridging Communities Through Education". Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama bagi anak-anak di titik-titik komunitas buruh migran, sekaligus memperkuat wawasan kebangsaan, ungkap Dr.Agus Haryanto yang juga dosen ahli Politik Luar Negeri Indonesia dari FISIP Unsoed.

Dr.Agus Haryanto berharap KKN Internasional dapat menjadi jembatan bagi anak-anak Indonesia di manapun berada untuk meraih masa depan yang lebih baik dan cerah.

Pada pelepasan tersebut, hadir pula tim KKN Internasional Unsoed 2023 yang terdiri dari Dr.Sri Wahyu Handayani,MH., Ahmad Sabiq,MA., Dr.Tyas Retno Wulan,MSi., Dr. Agus Haryanto,MSi., Ir.Supartoto,MAgr, dan Dr.Ridlwan Kamaluddin,M.Kep. Tim ini bertanggung jawab dalam penyelenggaraan KKN Internasional, yang pada periode ini juga berlangsung di Thailand, jelas Dr.Agus Haryanto.

KKN di Thailand telah diberangkatkan pekan sebelumnya dengan didampingi oleh Dr.Sos Waluyo Handoko,S.Ip.,M.Sc. (Wakil Rektor Unsoed bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Humas), dan Dr.Erwin R.Adhli,M.Sc. (Direktur International Relation Office/IRO Unsoed), dan Amin Fatoni,PhD. (Dosen Pembimbing Lapangan), ujar Dr.Agus Haryanto.

Selanjutnya Dr.Agus Haryanto mengatakan bahwa pada hari Sabtu, 22 Juli 2023, peserta KKN Internasional di Malaysia telah diberangkatkan dengan didampingi oleh Koordinator Tim KKN Internasional, Ahmad Sabiq. Ia melaporkan bahwa 24 mahasiswa Unsoed telah ditempatkan di 7 Sanggar Bimbingan (SB), yaitu SB Sentul, SB Sungai Besi, SB Segambut, SB Ampang, SB Gombak Utara, PPWNI Klang, dan SB Rawang. SB tersebut merupakan tempat belajar bagi anak-anak di simpul-simpul komunitas buruh migran Indonesia.

"Penugasan mahasiswa ke sini, sejatinya mengemban tugas konstitusional untuk melindungi segenap bangsa dan mencerdaskan kehidupan mereka," ujar dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini melalui pesan teks dari Malaysia. 

Unsoed berharap program KKN Internasional ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam menyelesaikan problem kemasyarakatan antar kedua negara sekaligus menjadi langkah maju dalam mencapai cita-cita kebangsaan. Dengan semangat berbudaya, para mahasiswa akan menjadi duta Unsoed yang membawa nama baik almamater serta memperkuat jalinan persaudaraan antara Indonesia dan Malaysia, sebagai bentuk kerjasama antarbangsa yang kontributif dan inspiratif.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar