Seminar dan Musyawarah Nasional Kafaperta Unsoed 2023, Bersinergi Membangun Pertanian Indonesia


Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Sumberdaya manusia yang mumpuni, ilmu dan teknologi di bidang pertanian yang sesuai dengan perkembangan jaman diperlukan untuk mendukung kesiapan suatu negara menghadapi tantangan dan ancaman krisis pangan yang muncul sebagai akibat perubahan iklim global dan stabilitas politik internasional, ujar Humas Panitia Munas Kafaperta Unsoed 2023.

Dr.Dyah Susanti,SP.,MP. selesai pemaparan yang didampingi Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com. Menurut Dr.Dyah (sapaan akrab Dr.Dyah Susanti,SP.,MP) dalam pemaparannya mengatakan bahwa sebagai langkah memperkuat keselarasan dalam berkontribusi bagi pertanian Indonesia, bersinergi dengan Fakultas Pertanian, Keluarga Alumni Fakultas Pertanian (Kafaperta) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) sebagai organisasi yang mewadahi alumni Fakultas Pertanian Unsoed tahun 2023 ini menyelenggarakan Seminar dan Musyawarah Nasional (Munas), yang akan digelar pada tanggal 4 November 2023 di kampus Fakultas Pertanian Unsoed.

Seminar bertema “Bersinergi untuk Pertanian Indonesia yang Sejahtera dan Mendunia” menghadirkan pembicara tunggal Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Ir. H.Arief Prasetyo Adi, S.T., M.T. menjadi pembuka rangkaian kegiatan Musyawarah Nasional Kafaperta 2023, yang diharapkan dapat menjadi pembuka wawasan, media curah gagasan, dan penyelarasan arah gerak upaya bersama pemerintah, akademisi, dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dalam memperkuat ketahanan pangan nasional, menuju Indonesia berdaulat pangan, jelas Dr.Dyah.

Tiga belas guru besar Fakultas Pertanian Unsoed diagendakan untuk menghadiri pertemuan terbatas dengan Kepala Badan Pangan Nasional, untuk menyampaikan rumusan rekomendasi berupa solusi bagi problematika terkait ketahanan pangan guna mendukung Ketahanan Pangan Nasional dan memperkuat kontribusi pertanian Indonesia bagi masyarakat internasional, khususnya dalam menghadapi ancaman krisis pangan dunia sebagai dampak perubahan iklim global dan dinamika politik internasional. Buah pikir serta karya teknologi unggul hasil riset para Guru Besar Fakultas Pertanian Unsoed di bidang pemuliaan tanaman berupa varietas unggul toleran lahan marginal dan berkandungan gizi khusus, proteksi tanaman berupa biopestisida, pangan berupa beras analog dan pengawet alami, serta manajemen pertanian akan dikenalkan sebagai bentuk kontribusi nyata bagi upaya mendukung ketahanan pangan nasional dan akan disampaikan dalam audiensi bersama Kepala Badan Pangan Nasional, ungkap Dr.Dyah.


Selanjutnya Dr.Dyah mengatakan bahwa acara inti dari rangkaian kegiatan ini, yaitu Musyawarah Nasional Kafaperta yang akan diikuti delegasi alumni Fakultas Pertanian Unsoed dari berbagai angkatan. Alumni dari berbagai angkatan hadir sebagai representasi puluhan ribu anggota Kafaperta Unsoed yang tersebar di berbagai wilayah. Terdaftar alumni lebih dari 6 dekade angkatan, mulai angkatan tahun 1977 hingga 2011. Munas Kafaperta 2023 yang merupakan momentum reorganisasi Kafaperta sekaligus media temu alumni, mengawal dua agenda utama yaitu laporan pertanggungjawaban kepengurusan Kafaperta periode 2017 - 2023 di bawah kepemimpinan Ir. Syamsyudin Hadi Sutarto (angkatan 1986) yang saat ini juga merupakan CEO media BUMN Track, serta pemilihan ketua umum Kafaperta periode 2023 - 2027. 

Dr.Dyah menambahkan bahwa kebersamaan alumni Fakultas Pertanian Unsoed yang terwadahi dalam rangkaian Seminar dan Munas Kafaperta 2023 ini juga diharapkan mampu mempererat persaudaraan antar alumni lintas angkatan, antara alumni dengan almamater, sekaligus memperkuat sinergi berbagai pihak dalam membangun Unsoed yang merdeka, maju, mendunia serta membesarkan kapasitas kemanfaatan Fakultas Pertanian Unsoed bagi negara melalui penguatan ketahanan pangan nasional dan memperkuat kontribusi keluarga besar Fakultas Pertanian Unsoed bagi masyarakat internasional, khususnya dalam upaya menghadapi ancaman krisis pangan dunia. Munas Kafaperta 2023 momentum emas membangun sinergi untuk memperbesar kontribusi bagi negeri. Kafaperta Unsoed, kompak semangat hebat.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar