drh. Sufiriyanto, MP : Khasiat Segelas Susu Kambing



Rutin mengonsumsi susu? Yakin sudah sesuai takaran yang dianjurkan para ahli? Tak perlu risau.  Yuk simak tips mengonsumsi susu yang tepat.

drh. Sufiriayanto, MP, Dosen Fakultas Peternakan Unsoed, ditengah kesibukannya berbagi informasi takaran yang pas dalam mengonsumsi susu.  Pak Sufir, begitu ia kerap disapa, menganjurkan cukup segelas susu dikonsumsi setiap hari.  Atau setara dengan 200 ml.

Susu kambing yang dikonsumsi berlebih, 400 – 500 ml, akan memberikan efek negatif baik bagi tubuh.  Tensi darah akan ikut meningkat dan bau badan si konsumen juga akan menjadi prengus (bau khas kambing).

Meskipun hanya 200 ml, Pak Sufir menegaskan, “Rutin ya minumnya.”  Beberapa rekan Pak Sufir yang mengonsumsi susu khususnya susu kambing dengan takaran yang direkomendasikan selama 3 bulan berturut-turut penyakit asma yang diderita perlahan sirna.

Tidak hanya penyakit asma yang dapat ditanggulangi, penyakit bronkitis, hepatitis pun berangsur-angsur akan pulih.  Pak Sufir menambahkan, “Perlu telaten dalam minum susu ini, kalau takarannya terlalu banyak khasiatnya akan berbeda.”

Khasiat susu kambing akan semakin terasa jika diminum dalam keadaan mentah. “Minum susu kambing yang belum dipasturisasi akan memperoleh kandungan kolin yang tinggi” ujar Pak Sufir. 

Ukuran globulin (lemak susu) yang berukuran kecil menjadikan susu kambing terasa halus di lidah.  Rasa susu kambing pun lebih lezat dibandingkan susu sapi.
 
Sudah membuktikan pernah merasakan lezatnya susu kambing?  Ternyata tidak hanya lezat lho.  Susu Kambing juga banyak khasiatnya.  Yuk rutin minum susu. (269)

Sumber : www.agronet.co.id
Kredit Foto : flicker

Share:

3 komentar:

  1. Mauuu susu kambing tapi jk minum mentah meski kopinnya tinggi, rasanya belum sampe hati lho p Sufir. Trims info khasiat *sumbing*

    BalasHapus
  2. Yg mentah blm suka.... Tambah bubuk coklat jd demen.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah.. dapat ilmu tambahan

    BalasHapus

Download Proposal Masjid Fapet

LINK BANNER

Daftar dan Dapatkan GRATIS E-book Biografi Jenderal Soedirman dan informasi penting lainnya

Nama Lengkap

Alamat Rumah/Kantor

Pekerjaan/Jabatan
Nama Perusahaan/Instansi

Tahun Masuk Fapet/SKS

NIM

No Handphone

E-mail address




Pengunjung Web

Undangan Temu Alumni

Artikel Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini