Ruli Basuni (Fapet SKS 83), Dilantik Sebagai Kepala P4TK Pertanian

Kafapet-Unsoed.com. Dr. Ir. Ruli Basuni, alumni Fapet Unsoed angkatan 1983, tanggal 20 Juli lalu dilantik Mendikbud Muhadjir Efendi sebagai Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan (P4TK) Pertanian. Demikian diberitakan Radar Cianjur, Republika online,  Kabar24bisnis.com dan beberapa media lainnya.

Ruli Basuni (kini) bersama Laras Bambang Kurnianto, sesama alumni Fapet Unsoed 83 di sebuah pertemuan 
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) atau dahulu dikenal dengan nama PPPG Pertanian pendiriannya dirintis sejak tahun 1974 dengan dibentuknya Proyek Penataran Guru. Selanjutnya pada tahun 1976 dilakukan langkah kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai upaya pengembangan lembaga. Kemudian tahun 1984 ditandatangani LOAN ADB No. 675-INO Port A, antara Pemerintah Indonesia dengan tim ADB (Asian Development Bank), sebagai realisasi bantuan pinjaman ADB melalui proyek PPKT IV Jakarta.

P4TK Pertanian diresmikan pada tanggal 9 Maret 1991, namun secara institusi lahir pada tanggal 14 Agustus 1990 dengan diterbitkannya SK Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 0529/0/1990.

Saat ini P4TK Pertanian merupakan sub sistem dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan Nasional, yang memiliki tugas mengembangkan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan di bidang pertanian, kelautan dan kimia.

P4TK Pertanian berlokasi di Cianjur, Jawa Barat,  dimana banyak alumni Unsoed berkiprah di lembaga tersebut.

Acara pelantikan dilakukan bersamaan dengan pelantikan Supriano sebagai Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), di Jakarta.

"Kita punya tugas besar ke depan bagaimana supaya antar unit utama bisa bersinergi, bersatu dan tidak berjalan sendiri-sendiri. Termasuk dalam meningkatkan efisiensi. Tidak tumpang tindih satu sama lain, agar anggaran dapat dioptimalkan. Anggaran boleh sedikit tetapi kinerja harus tetap terjaga dan meningkat," kata Mendikbud Muhadjir Effendy dalam acara pelantikan tersebut seperti dikutip dari laman resmi kementerian


Mendikbud berharap agar para pejabat yang dilantik dapat bekerja profesional dan kreatif. "Jangan menunggu perintah, tetapi harus berani melakukan langkah-langkah yang menjadi tugas masing-masing," ujar Mendikbud. Ia juga mengajak semua pihak untuk menyatukan tekad dan semangat, bahu-membahu membangun pendidikan Indonesia.
Sementara itu Ruli Basuni, sebagaimana dikutip Radar Cianjur menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin P4TK Pertanian dan mengucapkan terima kasih pimpinan sebelumnya. 
Wiseno Nurhamzah, yang merupakan teman satu angkatan di Fapet Unsoed ketika dihubungi Kafapet-Unsoed.com menyampaikan rasa bangganya atas prestasi rekannya yang berhasil menduduki posisi penting di Kementerian Pendidikan. "Ini merupakan prestasi yang membanggakan. Kafapet memang luar biasa," ujar Wiseno yang semasa mahasiswa pernah menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa. ***








Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Proposal Masjid Fapet

LINK BANNER

Daftar dan Dapatkan GRATIS E-book Biografi Jenderal Soedirman dan informasi penting lainnya

Nama Lengkap

Alamat Rumah/Kantor

Pekerjaan/Jabatan
Nama Perusahaan/Instansi

Tahun Masuk Fapet/SKS

NIM

No Handphone

E-mail address




Pengunjung Web

MARS KAFAPET

Artikel Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Yuck Ngaji di Lembang

Cari Blog Ini