Dua Alumni Fapet Unsoed Dilantik Menteri Pertanian Sebagai Pejabat Eselon 2

Riwantoro (no 3) beserta pejabat lain yang dilantik Mentan, 12 Nov 2018
Kafapet-Unsoed.com. Menteri Pertanian Amran Sulaiman melantik 9 Pejabat Tinggi Pratama Eselon II dan 6 Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Lingkup Kementerian Pertanian di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta. (12/11/2018). Dua di antaranya adalah alumni Fapet Unsoed.

Dua alumni Fapet Unsoed yang dimaksud adalah Dr. Ir Riwantoro (sks 80) dan Dr. Ir. Siswoyo (sks 81). Riwantoro sebelumnya berkarir di Ditjen PKH sejak lulus kuliah hingga berada di posisi eselon 2 sebagai sekretaris Ditjen PKH. Jabatan Sekretaris Ditjen merupakan Jabatan eselon 2 yang strategis karena memiliki tugas mengkordinir semua kegiatan manajemen Ditjen. Pada posisi ini, Dirjen PKH sempat mengalami pergantian beberapa kali, namun posisi Sekdit tetap di tangan Riwantoro. Ia juga sempat menjabat sebagai Pelaksana Tugas Dirjen PKH saat terjadinya kekosongan jabatan Dirjen PKH . 

Riwantoro selaku Pelaksana Tugas Dirjen PKH (no 4) menerima naskah rekomendasi Sarasehan Peternakan Nasional Kafapet dari Prof Mulyoto bersama pengurus Kafapet, tahun 2016 
Selanjutnya Tahun 2016 Riwantoro diangkat sebagai Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan di Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan. Di posisi ini ia membuat gebrakan berupa Toko Tani Indonesia yang berkembang sangat pesat dalam waktu 2 tahun jumlahnya lebih dari 1000 toko di berbagai daerah.  Toko Tani Indonesia (TTI) merupakan konsep baru memangkas jalur distribusi pangan sehingga konsumen dapat memperoleh harga yang wajar dan petani sebagai produsen tetap mendapatkan untung. Setelah 2 tahun menduduki posisi Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, kini Riwantoro menjadi Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP), masih dalam jabatan eselon 2.

Adapun Siswoyo yang dilantik sebagai Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor sebelumnya Kepala Bidang Program dan Kerjasama Pendidikan, Pusat Pendidikan Pertanian, BPPSDMP (Badan Pendidikan dan Pelatihan SDM Pertanian). Redaksi belum mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai perjalanan karir Siswoyo.

Harapan Menteri
Dalam sambutannya, Mentan Amran Sulaiman berharap Polbangtan menjadi contoh sekolah pertanian bertaraf internasional. "Polbangtan merupakan masa depan pertanian dan nantinya harus kuat serta mampu bersaing dengan negara lain", katanya.
"Alsintan dan benih terbaik nantinya, dapat dihasilkan oleh putra-putri dari Polbangtan, dan itu pasti bisa. Karena ada tanda-tanda baik di sektor pertanian, hal tersebut terlihat dari minat masyarakat yang ingin masuk Polbangtan", tegas Amran.
Dirinya berharap direktur yang baru dilantik, lebih baik dari sebelumnya. Kepada Direktur Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan), Amran meminta agar mengoptimalkan dan meningkatkan penempatan alsintan terutama untuk lahan rawa. optimalkan lahan rawa.
Berikut ini nama pejabat yang dilantik 12 November 2018:
1. Prof. Dr. Ir. Risfaheri sebagai Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan.
2. Dr. Ir. Riwantoro sebagai Sekretaris Badan Ketahanan Pangan.
3. Mulyadi Hendiawan sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian.
4. Ir. Bustanul Arifin Caya sebagai Kepala Pusat Pelatihan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.
5. Dr. Ir. Leli Nuryati sebagai Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Sekretaris Jenderal.
6. Andi Nur Alam Syah sebagai Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Prasarana dan Sarana Peetanian.
7. Edi Purnawan sebagai Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan.
8. Dr. Ir. Idha Widi Arsanti sebagai Kepala Pusat Pendidikan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.
9. Wasis Sarjono sebagai Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.
Direktur Polbangtan yaitu :
1. Ir. Yuliana Kansrini sebagai Direktur Polbangtan Medan.
2. Dr. Ir. Siswoyo sebagai Direktur Polbangtan Bogor.
3. Dr. Ranjiman sebagai Direktur Polbangtan Jogyakata-Malang.
4. Ir. Bambang Sudarmanto sebagai Direktur Polbangtan Malang.
5. Dr. Ir. Syaifauddin sebagai Direktur Polbangtan Gowa.
6. Drh. Purwanti sebagai Direktur Polbangtan Manokwari.

(dari berbagai sumber)

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Sukses untuk kedua Alumni Fapet Unsoed, semoga amanah dan menjadikan indonesia maju dibidang pertanian

    BalasHapus

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer