ASEAN Engineering Diraih 15 Dosen Fapet Unsoed


Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Lima belas (15) Dosen Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil meraih gelar ASEAN Engineer (ASEAN Eng) pada akhir tahun 2023. Ke-15 dosen tersebut sebagai berikut :

Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr.,IPU.,ASEAN Eng.

Prof.Dr.Ir.Triana Setyawardani,SPt.,MP.,IPU.,ASEAN Eng.

Prof.Dr.Ir.Dadang Mulyadi Saleh,MS., MAgrSc.,PhD.,IPU., ASEAN Eng.

Prof.Dr.Ir.Ismoyowati,SPt.,MP.,IPU., ASEAN Eng.

Prof.Dr.Ir.Caribu Hadi Prayitno,MP.,IPU., ASEAN Eng.

Prof.Dr.Ir.Elly Tugiyanti,MP.,IPU., ASEAN Eng.

Prof.Dr.Ir.Hj.Dattadewi Purwantini,MS.,IPU., ASEAN Eng.

Ir. Novie Andri Setianto,SPt.,M.Sc.,Ph.D, IPU.,ASEAN Eng.

Ir.Mochamad Sugiarto,SPt.,MM.,PhD., IPU., ASEAN Eng.

Dr.Ir.Agustinah Setyaningrum,MP.,IPU., ASEAN Eng.

Dr.Ir.Bambang Hartoyo,MSi.,IPU., ASEAN Eng.

Dr.Ir.Sri Rahayu,MSi.,IPU., ASEAN Eng.

Dr.Ir.Krismiwati Muatip,MSi.,IPU.,ASEAN Eng.

Ir.Juni Sumarmono,MSc.,PhD.,IPU., ASEAN Eng.

Ir.Agus Susanto,MSc.Agr.,IPU., ASEAN Eng.

Total dosen yang mendapatkan gelar ASEAN Engineer (ASEAN Eng) sebanyak 16 orang yang sebelumnya terdapat 1 dosen yang sudah mendapatkannya yaitu Prof.Dr.Ir.Mas Yedi Sumaryadi.,MS.,IPU., ASEAN Eng., ungkap Ir.Mochamad Sugiarto,SPt.,MM,.PhD., ASEAN Eng. saat bincang-bincang dengan Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com pada hari ini Jum'at 05 Januari 2024.

Pemberian sertifikat dan medali ASEAN Engineer Register (AER) 2023 menurut alumni Program S2 Manajemen Agribisnis Univ of the Philippines, Los Banos, Filipina Ir.Mochamad Sugiarto,SPt.,MM,.PhD., ASEAN Eng. telah dilakukan dalam rangkaian acara Conference on ASEAN Federation of Engineering Organization pada 21-23 November 2023 di Bali International Convention Centre (BICC), Bali.

Selanjutnya Ir.Mochamad Sugiarto,SPt.,MM,.PhD., ASEAN Eng. yang juga alumni S3 Pemberdayaan Masyarakat, Univ of the Philippines, Los banos, Filipina menjelaskan.bahwa AER merupakan sertifikasi yang diberikan kepada para insinyur profesional oleh ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO) atau Federasi Organisasi Keinsinyuran ASEAN. AFEO merupakan organisasi asosiasi insinyur yang beranggotakan 10 negara anggota ASEAN, Indonesia salah satunya.

Salah satu penerima gelar ASEAN Eng Mochamad Sugiarto,PhD yang sekaligus Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan yang ditemui mengucapkan syukur atas gelar yang berhasil diraih. Diharapkan melalui gelar baru tersebut profesi insinyur menjadi semakin siap menghadapi persaingan internasional, sebab sudah memiliki sertifikasi. Kami semua yang meraih gelar ASEAN Eng bersyukur atas dukungan Unsoed sehingga kami bisa mendapatkan gelar tersebut. Melalui gelar tersebut memiliki arti keinsinyuran seseorang telah diakui di tingkat ASEAN. Beliau mengatakan bahwa saat ini pembangunan peternakan di Indonesia semakin masif dan berkembang sehingga melibatkan banyak insinyur yang memiliki kemampuan teknis peternakan. Melalui gelar ini, peluang bagi para insinyur peternakan untuk terlibat dalam kegiatan kegiatan strategis global semakin terbuka lebar. Dosen yang memiliki gelar tersebut akan semakin bergerak luas untuk beraktifitas diluar kampus dan dapat mengembangkan kerjasamanya di tingkat ASEAN. Setelah kami mendapatkan gelar ASEAN Eng ini, tidak selayaknya kami berpuas diri. Sebaliknya kami akan terus mengupgrade kemampuan diri untuk menghadapi tantangan ke depan yang lebih kompleks. Kami berharap para dosen muda dapat meraih gelar gelar professional lainnya. Kami masih harus terus belajar walaupun sudah mendapatkan gelar ASEAN Eng agar dapat mengembangkan kerjasama internasional dan masuk ke taraf internasional yang lebih luas.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

1 Komentar

  1. MasyaaAllah, merasa bangga pernah menjadi mahasiswa di sini. Semoga Fapet Unsoed semakin jaya! Aamiin :)

    BalasHapus

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer